Arduino Uno + RFID RC522+keypad+lcd 16x2C+relay(toSolenoid door lock) sebagai akses kontrol


Assalamu Alaikum Wr.Wb,
Sahabat pecinta Arduino, sebelumnya saya telah membagikan listing/sketch program Arduino IDE yang bisa di download di sini, tentang Alat keaman Ruangan Menggunakan RFID RC522 Berbasis Arduino Uno,  namun apa yang telah saya bagikan sebelumnya hanyalah awal saya untuk mempelajari tentang penggunaan blogger sendiri, maklum masih pemula, heheh,....



Namun kali ini saya akan membahas secara rinci langkah-langkah pembuatan dan alat alat yang dibutuhkan, sehingga alat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.. Oke sahabat Arduino,
Tanpa panjang lebar, mari kita mulai.. Heheheh 
Alat / komponen yang dibutuhkan,  
  1. Arduino Uno
  2. RFID RC522 + PICC card / chain
  3. Keypad 3x4
  4. LCD 2x16 C  
  5. Solenoid door lock
  6. Relay 
  7. Breadboard
  8. kabel jumper seperlunya,
  9. Resistor,
Setalah komponenennya sudah tersedia, 
mari kita lanjutkan ketahap berikutnya,, heheh
namun kali ini saya tidak membahas tentang Gambar rangkaiannya atau proses penyolderan karena disini saya hanya menggunakan modul breadboard dan penggunaan kabel jump,

Oke mari kita lanjutkan ke tahap pengkoneksian Komponen ke Arduino Uno,
  • Koneksi RFID RC522 ke Arduino Uno 
Koneksi antara pin RFID RC522 ke Arduino Uno mengikuti Standar pada Umumnya,
Koneksi PIN RFID ke Arduino dapat dilihat seperti pada tabel dibawah ini :
RC522
ARDUINO UNO
SDA
Digital 10
SCK
Digital 13
MOSI
Digital 11
MISO
Digital 12
IRQ
-
GND
GND
RST
Digital 9
3.3v
3.3V
  • Koneksi Keypad 3x4 Ke Arduino Uno
 
PIN Keypad
Arduino Uno
1
Digtal Pin 1 (TX 1)

2
Digital Pin 2
3
Digital Pin 3
4
Digital Pin 4
5
Digital Pin 5
6
Digital Pin 6

7
Digital Pin 7

Perlu diperhatikan bahwa penomoran PIN keypad saya gunakan pin 1,2,3 adalah kolom keypad dan 4,5,6,7 adalah baris keypad. Selanjutnya,,,
  • Koneksi Pin LCD ke Arduino Uno, 


LCD
Arduino Uno
VDD
R=100 ke VCC 5v
VSS
Ground
RS
Analog Pin A0
E
Analog Pin A1
DB4
Analog Pin A2
DB5
Analog Pin A3
DB6
Analog Pin A4
DB7
Analog Pin A5
A
R =100r  ke vcc 5v
K
Ground
Note : saya menggunakan pin Analog ini untuk koneksi ke LCD Karena Pin Arduino Uno memiliki Port Pin yang sedikit jika kita menghubungkan Arduino UNo + RFID RC522+ Keypad 3x4 + LCD + relay, sebaiknya menggunakan modul untuk LCD akan tetapi dapat berpengaruh pada Sketch program nantinya.
  • Koneksi Relay ke Arduino Uno + solenoid Doorlock,
Pin input data ke relay saya kita koneksikan ke Digital Pin 8 pada arduino, dan selanjutnya data pin output pada relay kita hubungkan dengan Solenoid Doorlock, disini tidak saya masukkan gambar rangkaian relay ke arduino dan solenoid, sahabat arduino bisa mencari referensi di google, heheh  
Next >>>

Setalah teman teman menghubungkan Pin - pin diatas, selanjutnya kita uji dulu dengan memberikan tegangan ke papan Arduino Uno, jika semunya menyala selanjutnya kita masuk keda proses berikutnya,,, heheh yaitu Pembuatan listing program atau yang dikenal dengan nama Sketch pada pemprograman Arduino.

Sengat yah teman teman>>>> heheh,,
Mimin udah capek panjang lebar menjelaskan diatas, jadi kali ini saya tidak menulis / menampilakan sketch secara keseluruhan di page ini,, heheh 

Sahabat Arduino dapat langsung sedot aja sketchnya disini,,

Saya rasa demikian yang dapat saya bagikan ke teman teman,

Kritik dan saran sangat dibutuhkan karena mimin juga masih seorang pemula,












-->

Comments

Popular posts from this blog

Kebanyakan wanita sekarang jadi TULANG PUNGGUNG bukan lagi TULANG RUSUK...

Mengontrol Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Arduino Dan Relay

Massenrempulu Tana Salama' : Oleh : Alm. Udhin Palisuri (Jendral Puisi)