LED Matrix Controller Menggunakan 4Duino


Dalam proyek ini , kita akan menggunakan pin digital dan layar dari 4Duino untuk membuat 5 × 7 LED matriks controller dengan antarmuka pengguna grafis .

Matriks LED pada dasarnya banyak LED dikemas dalam format dot grid dalam rangka untuk menghasilkan gambar atau teks besar . Mereka umumnya digunakan untuk tujuan signage di ruang publik . matriks LED digunakan dalam proyek ini dibuat oleh multiplexing 35 LED bersama-sama seperti yang ada 5 kolom dan 7 baris untuk mengontrol matriks . Dalam hal ini diatur, kita memiliki anoda baris dan katoda kolom . Untuk menerangi LED tertentu dalam contoh matriks kami , pin baris yang beralih ke pin negara dan kolom tegangan tinggi yang beralih ke LOW.

Langkah 1- Cara kerja


Ketika pengguna menekan tombol apapun bentuk pada layar 4Duino , koordinat sentuhan dikomunikasikan ke chip Picaso , yang pada gilirannya mengirimkan informasi ke chip ATMega32U4 . ATMega32U4 output TINGGI atau LOW tegangan sinyal ke pin GPIO nya yang menyala matriks LED sesuai.

Langkah 2- Merangkai



Kumpulkan bahan-bahan berikut :

  • 4Duino
  • Kingbright 50mm ( 2.0 INCH ) 5 × 7 DOT MATRIX DISPLAY ( TA20-11SRWA )
  • Kabel jumper
  • Papan tempat memotong roti
  • 5x resistor ( antara 100-300 Ω )
  • Kabel USB mikro
  • kartu μSD

Hubungkan ini seperti yang ditunjukkan dalam diagram di atas .

Untuk rincian lebih lanjut tentang tata letak pin dari matriks LED , silakan merujuk ke TA20-11SRWAdatasheet . Perhatikan bahwa datasheet asli memiliki katoda kolom dan anoda baris - matriks LED yang digunakan dalam contoh ini memiliki anoda kolom dan katoda baris , tetapi koneksi pin untuk 4Duino masih akan sama tanpa arah baris dan kolom . Semua yang benar-benar membutuhkan perubahan adalah digitalWrite ( ) perintah dalam kode 4Duino untuk baris dan kolom .

Langkah 3 - Program
 

Workshop 4 - 4Duino lingkungan Extended Graphics digunakan untuk program proyek ini .

Proyek ini membutuhkan Arduino IDE untuk dipasang sebagai Lokakarya menyebut Arduino IDE untuk kompilasi sketsa Arduino . Arduino IDE namun tidak diperlukan untuk dibuka atau diubah untuk program 4Duino. 
  • Download proyek di sini. Buka file ini menggunakan Workshop  4 . 
  • Hubungkan 4Duino ke PC menggunakan kabel μUSB.
  • Kemudian arahkan ke tab Comms dan pilih port Comms yang menghubungkan 4Duino.
  • Akhirnya , kembali ke tab "Home" dan sekarang klik pada tombol " Comp'nLoad " .Workshop 4 IDE akan meminta Anda untuk memasukkan kartu μSD ke PC untuk menyimpan gambar widget . 
  • Masukkan kartu μSD , pilih yang sesuai drive dan tekan tombol " OK " . Jika kartu μSD sudah memiliki gambar widget , Anda dapat memilih untuk mengklik " No Thanks " .

Langkah 4 - Demo



 

Bereksperimen dengan controller - ada beberapa pilihan mode kontrol matriks untuk dipelajari.
Semoga berguna untuk kita semua,


Kunjungi Instructables dan 4Duino untuk melihat kreativitas dunia,

Comments

Popular posts from this blog

Kebanyakan wanita sekarang jadi TULANG PUNGGUNG bukan lagi TULANG RUSUK...

Mengontrol Peralatan Rumah Tangga Menggunakan Arduino Dan Relay

Mesjid Tua Tondon oleh : Andi Paliu Suloi